Terjadinya Bersin sebagai Ibadah, Kesehatan, dan Budaya

Beberapa hari ini Saya suka bersin, semua orang juga pasti pernah bersin, hal ini terjadi di luar kemaun dan merupakan proses alami. Kadang bersin suatu hal yang menyenangkan karena melegakan pernapasan tetapi kadang merugikan pada saat berbicara dengan teman akan mengganggu suasana karena dianggap menularkan virus dan bakteri.

Mengapa bisa terjadi Bersin ? Secara ilmiah bersin merupakan upaya tubuh untuk mengeluarkan partikel benda asing secara paksa melalui hidung dan mulut agar tidak masuk ke dalam tubuh ke sirkulasi darah yang menimbulkan penyakit. Bersin di awali oleh rangsangan akibat menempernya partikel benda asing yang terhirup udara nafas pada selaput lendir rongga hidung terjadi refleks memasukkan udara penuh ke paru-paru di ikuti kontraksi otot-otot pernafasan dihentakkan kuat dan keluarlah partikel benda asing di sertai lendir.

Ada kabar bahwa Jantung berhenti berdetak saat bersin. Benarkah ? kabar mengenai jantung berhenti saat orang bersin adalah tidak benar, tekanan dalam dada saat orang bersin hanya mengubah tekanan pada denyut jantung tapi tidak membuatnya berhenti, seperti dikutip dari Menshealth about, Senin (12/9/2011). Tekanan dalam paru-paru akan meningkat lalu menutup mata dan terjadilah bersin. Adanya perubahan tekanan ini membuat irama detak jantung menjadi berubah sehingga beberapa orang menganggap jantungnya berhenti saat bersin.

Terjadinya Bersin sebagai Ibadah, Kesehatan, dan Budaya

Apakah teman-teman sering bersin ? Bersin efektif membuat tubuh sehat. Sehari-hari kita membersihkan rumah, membuang debu, menyapu sangat mungkin mengalami bersin mendadak, ini pertanda alergi. Artinya bersin bermanfaat membuang kotoran dan mikroorganisme. Lalu berapa sering teman-teman bersin ? Bila orang bersin lebih dari 3 kali dan berturut-turut maka itu pertanda terkena penyakit. Penyebab lain bersin karena udara dingin dan flu. Sebaiknya periksakan diri ke dokter jangan diangkap sepele.

Oh ya, tahukah teman-teman ? kecepatan udara saat Anda bersin dapat mencapai 250 kilometer per jam. Lalu saat bersih Anda akan mengeluarkan sampai 100.000 butiran kecil lendir dan mikro organisme. Itu sebabnya, saat bersin sebaiknya Anda menutupi hidung dan mulut karena dapat membahayakan orang lain.

Kepercayaan dan aspek Budaya
Bagi teman-teman yang suka atau pernah pergi ke luar negri atau Negara lain, perlu di ketahui nih Kepercayaan dan aspek Budaya bersin, seperti berikut ini :

Pada 400 SM jenderal Athena Xenofon memberikan pidato dramatis yang mengimbau anggota-anggota pasukannya untuk mengikutinya menuju kemerdekaan atau mati dalam menghadapi tentara Persia.Ia berbicara selama satu jam berusaha memotivasi pasukannya dan meyakinkan bahwa mereka akan kembali dengan selamat ke Athena, sampai seorang tentaranya menggaris bawahi kesimpulannya dengan sebuah bersin. Karena yakin bahwa bersin ini adalah tanda dari dewata bahwa mereka berkenan atas pasukan Athena, maka tentara-tentara itu memberi hormat kepada Xenofon dan mengikuti perintahnya.

Dalam budaya Islam yang didasarkan pada berbagai hadist dan ajaran Muhammad SAW. Sebuah contoh dari hal ini adalah hadist riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berkata: "Ketika salah satu dari kita bersin, biarkan dia berkata, "Al-hamdu-Lillah" (Segala puji bagi Allah ) , dan membiarkan saudaranya atau pendamping berkata kepadanya, "YarhamukAllah" (Semoga Allah merahmati anda) . Jika ia berkata, "Yarhamuk-Allah", kemudian biarkan [hidung itu] berkata, "Allah wa Yahdeekum yuslihu baalakum" (Semoga Allah membimbing Anda dan memperbaiki kondisi Anda)."

Di Hongaria, Slowakia dan Slovenia dan beberapa negara Timur Tengah bersin yang terjadi setelah seseorang membuat pernyataan kadang-kadang ditafsirkan sebagai konfirmasi dari Tuhan bahwa pernyataan itu benar.

Di Jepang, ada kepercayaan bahwa bersin adalah tanda bahwa ada orang lain atau seseorang yang berada jauh dari padanya yang membicarakannya atau menjelek-jelekkannya di belakangnya.

Ada keyakinan umum di India bahwa orang yang bersin mengingat atau diingat oleh orang yang disayanginya. Kebanyakan orang India menganggap bersin sebagai sesuatu yang sehat. Tidak bisa bersin adalah sesuatu yang harus dikhawatirkan. Psychology Today melaporkan bahwa para ilmuwan India menyebut ketidakmampuan untuk bersin sebagai "asneezia"; orang India telah lama mempunyai kebiasaan untuk menghirup tembakau sebagai cara untuk menimbulkan bersin secara artifisial. 
( sumber : id.m.wikipedia.org/wiki/Bersin )




/////////////////////////////////////

Mohon disebarkan/share Artikel ini agar yang tidak tahu menjadi tahu, yang sudah tahu tambah mengerti. Terimakasih sudah berkunjung, semoga sukses dan sehat selalu.
di lindungi oleh:DMCA.com │ Pemula dari Benao

Baca Juga Artikel Terkait berikut :


Baca Juga Artikel Pilihan Berikut :


Ingin tahu Pemberitahuan Artikel baru di kirim ke Email Anda seperti di atas. Masukkan Email Anda atau langsung klik Berlangganan, Data Email Anda dijamin aman :

Delivered by FeedBurner

atau Berlangganan Feed :

headline animator PEMULA dari BENAO

Chicklet PemulaDariBenao


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Komentar positif teman-teman sangat berarti agar bermanfaat dan berkembang menambah pengetahuan.

- Klik " Subsrcibe by Email " untuk mengetahui pemberitahuan komentar lewat email anda.

Mohon maaf lahir bathin apabila Saya ada salah.