Pengaruh Asam Oksalat bagi Kesehatan

Asam Oksalat merupakan jenis asam organik yang ditemukan dalam setiap tanaman, hewan dan manusia. Tubuh manusia juga memiliki kecenderungan untuk mengubah beberapa zat kimia lainnya menjadi Asam Oksalat. Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang mengandung banyak manfaat dan nutrisi. Tetapi, sayuran dan buah – buahan juga terdapat pengaruh tidak baik bagi kesehatan ! Yaitu Asam oksalat Salah satu kandungan zat buah dan sayuran yang berpengaruh tidak baik. Zat ini dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan seperti batu ginjal.


Pengaruh Asam Oksalat Bagi Kesehatan

Salah satu pengaruh Asam Oksalat bagi tubuh yaitu penyakit batu ginjal. Asam Oksalat  dalam tubuh manusia membentuk senyawa yang tak larut dan tidak dapat diserap tubuh. Senyawa ini menumpuk dan membentuk butiran kristal yang tajam dalam saluran kemih dan butiran Kristal ini apabila menumpuk terus – menerus maka akan terbentuk batu di ginjal maupun di saluran kemih, nah ini yang dapat menyebabkan sakit luar biasa dan kalau sudah kronis menjadi penyakit gagal ginjal. Kalsium dan batu oksalat sebagai penyebab sekitar 80 persen penyakit batu ginjal pada orang dewasa.

Bagaimana cara memasak yang baik agar pengaruh Asam Oksalat berkurang bahkan hilang ?

-       Rupanya Memasak tidak terlalu berpengaruh dalam menghilangkan kandungan Asam Oksalat dalam makanan. Memasak sampai air mendidih hanya mengurangi 10-15 persen saja. Oleh karena itu, tidak perlu memasak sayuran terlalu lama hanya sekedar mengurangi kadar Asam Oksalat. Karena, memasak terlalu lama dapat hilangnya vitamin dan nutrisi yang terkandung pada sayur.

Konsumsi probiotik membantu menurunkan kadar Asam Oksalat. Asam laktat yang dalam probiotik dapat mengikat Asam Oksalat dan membantu mengurangi kadarnya dalam tubuh.   Air putih adalah cairan yang baik, air perasan lemon adalah pilihan lain yang tidak kalah baik. Hal ini dikarenakan, air lemon mengandung asam sitrat yang tinggi. Asam inilah yang menghambat pertumbuhan batu ginjal. Apa itu asam sitrat ? silahkan baca klik di sini


Jenis makanan yang mengandung senyawa Asam Oksalat.
-       Sayuran : sayuran berdaun hijau seperti bayam, peterseli, seledri. Bawang perai, okra, kacang buncis dan labu siam, kentang.
-       Kacang : kacang hijau, kacang buncis, kacang tanah, kacang mete, kedelai dan almon.
-       Buah-buahan : Blueberry, blackberries, stroberi dan raspberry, Kiwi, anggur.
-       Minuman teh
-       Dan lain sebagainya, hampir semua makanan mengandung senyawa Asam Oksalat.

Kesimpulannya adalah memenuhi asupan nutrisi secara seimbang adalah kunci untuk menjaga tubuh agar terhindar dari risiko berbagai penyakit.  Jadi, hiduplah dengan seimbang untuk tetap sehat!

//////////////////////////////////////////////////////

Mohon disebarkan/share Artikel ini agar yang tidak tahu menjadi tahu, yang sudah tahu menjadi tambah mengerti. Terima kasih sudah berkunjung
di lindungi oleh:DMCA.com │ Pemula dari Benao

Baca Juga Artikel Terkait berikut :


Baca Juga Artikel Pilihan Berikut :


Ingin tahu Pemberitahuan Artikel baru di kirim ke Email Anda seperti di atas. Masukkan Email Anda atau langsung klik Berlangganan, Data Email Anda dijamin aman :

Delivered by FeedBurner

atau Berlangganan Feed :

headline animator PEMULA dari BENAO

Chicklet PemulaDariBenao


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Komentar positif teman-teman sangat berarti agar bermanfaat dan berkembang menambah pengetahuan.

- Klik " Subsrcibe by Email " untuk mengetahui pemberitahuan komentar lewat email anda.

Mohon maaf lahir bathin apabila Saya ada salah.