Mengenal Tubuh Kita


          Tubuh kita memiliki struktur organisasi, dari yang paling terkecil mulai dari atom, molekul, senyawa, dan bertambah ukuran dan kompleksitasnya menjadi sel, jaringan, organ, dan sistem organ. Sistem inilah membentuk tubuh manusia keseluruhan.
Sistem organ ada 11 macam, yaitu :
1. Integumentum ( kulit, kuku, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat ).
2. Tulang ( tulang keras tulang rawan ).
3. Otot ( otot rangka, otot polos, otot jantung ).
4. Saraf ( saraf pusat, saraf tepi, indera ).
5. Endokrin ( kelenjar hormon ).
6. Kardiovastkuler ( jantung, darah, dan pembuluh darah ).
7. Limfa ( kelenjar, cairan limfa, dan pembuluh limfa ).
8. Respirasi ( jalan nafas dan paru ).
9. Pencernaan ( lambung, usus, hati, empedu, dan pankreas ).
10. Reproduksi ( ovarium, testis, sel-sel, prostat, kelenjar semen, uterus ).

Mengenal Tubuh Kita


Apakah tubuh kita Simetris ?

Orang sering mengatakan bahwa tubuh kita ini simetris (sama) antara belahan kanan sama persis dengan belahan kiri. Kalau dilihat hal ini memang benar. Akan tetapi coba kita perhatikan dan bahas uraian berikut ini :
  1. Otak kita ini meskipun sebelah kanan dan sebelah kiri secara struktur sama tetapi secara fungsi tidak sama. Otak sebelah kanan mengatur fungsi-fungsi sebelah kiri, sedangkan otak sebelah kiri mengatur fungsi-fungsi sebelah kanan. Otak kiri sering berasosiasi dengan fungsi-fungsi logika, hitungan, numerik, dan memori sekuensial. Sedangkan otak kanan sering berasosiasi dengan perasaan, musikal, intuitif, dan memori spasial.
  2. Organ tubuh kita di rongga dada terdapat jantung dan paru-paru. Nyatanya jantung kita dominan ada di sebelah kiri. Paru-paru juga demikian, sebelah kanan lebih besar dari sebelah kiri, bagian paru-paru sebelah kanan ada 3 (tiga) lobus sedangkan sebelah kiri hanya 2 (dua) lobus. Saluran pernapasan besar (bronkus prinsipalis) antara sebelah kanan dan sebelah kiri.
  3. Rongga perut di sebelah kanan di dominasi oleh organ hati dan empedu, di sebelah kiri ada lambung dan limfa. Organ Pankreas bagian kepala di sebelah kanan sedangkan bagian badan dan ekor di sebelah kiri. Pada usus halus dan usus besar memiliki panjang kurang lebih enam meter terdistribusi tidak sama di sebelah kanan dan kiri. Ginjal ada dua, sebelah kiri letaknya lebih tinggi sedikit dengan sebelah kanan.


Kesimpulanya bahwa tubuh dilihat dari luar nampak sama tetapi secara struktur dan fungsi berbeda antara sebelah kanan dan kiri.



/////////////////////////////////////

Mohon sebarkan/share Artikel ini agar yang tidak tahu menjadi tahu, yang sudah tahu menjadi tambah mengerti. Terima kasih sudah berkunjung.
di lindungi oleh:DMCA.com │ Pemula dari Benao

Baca Juga Artikel Terkait berikut :


Baca Juga Artikel Pilihan Berikut :


Ingin tahu Pemberitahuan Artikel baru di kirim ke Email Anda seperti di atas. Masukkan Email Anda atau langsung klik Berlangganan, Data Email Anda dijamin aman :

Delivered by FeedBurner

atau Berlangganan Feed :

headline animator PEMULA dari BENAO

Chicklet PemulaDariBenao


1 komentar:

- Komentar positif teman-teman sangat berarti agar bermanfaat dan berkembang menambah pengetahuan.

- Klik " Subsrcibe by Email " untuk mengetahui pemberitahuan komentar lewat email anda.

Mohon maaf lahir bathin apabila Saya ada salah.