Manfaat dan Bahaya Minum Teh


          Teh adalah minuman Teh yang di dinginkan dengan es batu atau disajikan dengan teh panas / hangat, Teh sering kali ditambahkan rasa seperti melati, dan buah-buahan seperti limun, ceri, dan arbei, atau susu. Teh juga banyak di jual berbagai merek baik dalam bentuk bungkus kotak, gelas plastik, botol dan banyak macam kemasan lainnya. Es Teh adalah minuman menyegarkan yang sering diminum saat siang hari karena suhu udara yang panas. Bagi teman-teman yang suka minum teh harus tahu manfaatnya, yaitu :
  1. Sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh, juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah.  Manfaat ini dikarenakan adanya Polifenol pada Teh berupa katekin dan flavanol.
  2. Dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Fungsinya menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.
  3. Vitamin C dalam Teh berfungsi juga sebagai antioksidan dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Vitamin A dalam Teh untuk mejaga kesehatan mata, hati, dan lain sebagainya.
  5. Mencegah bau mulut, kerusakan gigi yang dilakukan oleh MONOCITRAT dan FLUORIDE (Menganese, Zinc, Potassium) dalam Teh.
  6. Membantu metabilisme makanan karena mengandung vitamin B komplek.

Manfaat dan Bahaya Minum Teh

Selain menyegarkan dan bermanfaat bagi tubuh, Es Teh maupun Teh Panas juga beresiko buruk bagi kesehatan karena mengandung Kafein dan Asam Oksalat. Sebelumnya sudah Saya posting silahkan baca juga Pengaruh Asam Oksalat bagi Kesehatan. Studi yang dilakukan peneliti dari Loyola University Medical Center, Amerika, menemukan bahwa orang yang suka minum Es Teh bisa menempatkan mereka pada resiko yang lebih besar terkena penyakit batu ginjal.

Untuk mengurangi resiko buruk tersebut, temam - teman harus bijaksana dalam konsumsi minuman dan makanan terutama Teh.
  • Usahakan minum Es Teh tidak terlalu sering.
  • Banyak minum air putih karena sudah terbukti bagus untuk tubuh.
  • Bila temam - teman mau dan cocok, coba minuman Es Teh di padukan / dicampur dengan perasan jeruk (lemon, nipis) karena jeruk mengandung Asam Sitrat yang berfungsi sebagai pembersih dan antioksidan.
  • Buatlah minuman Es Teh tidak terlalu manis karena dapat menghilangkan zat yang bermanfaat dalam Teh tersebut.
  • Jangan Minum Teh pada saat atau sesudah makan. Sebab zat gizi terkandung dalam makanan akan dinetralisir oleh Teh.
  • Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
  • Untuk wanita hamil dan sedang menyusui, hindari minum teh karena kafein dan zat stimulan yang lain bisa merangsang kontraksi rahim dan mengganggu produksi kelenjar ASI.

Cara menyeduh Teh : gunakan air mendidih bersuhu 80 derajat celcius, jangan menggunakan air dengan yang suhunya lebih tinggi dari 80 derajat ini sangat penting sekali karena dapat membuat hilangannya manfaat dari teh.

Kesimpulannya adalah memenuhi asupan nutrisi secara seimbang adalah kunci untuk menjaga tubuh agar terhindar dari risiko berbagai penyakit. Jadi, hiduplah dengan seimbang untuk tetap sehat !


//////////////////////////////////////////

Mohon sebarkan/share Artikel ini agar yang tidak tahu menjadi tahu, yang tahu menjadi tambah tahu. Terima kasih sudah berkunjung.
di lindungi oleh:DMCA.com │ Pemula dari Benao

Baca Juga Artikel Terkait berikut :


Baca Juga Artikel Pilihan Berikut :


Ingin tahu Pemberitahuan Artikel baru di kirim ke Email Anda seperti di atas. Masukkan Email Anda atau langsung klik Berlangganan, Data Email Anda dijamin aman :

Delivered by FeedBurner

atau Berlangganan Feed :

headline animator PEMULA dari BENAO

Chicklet PemulaDariBenao


1 komentar:

- Komentar positif teman-teman sangat berarti agar bermanfaat dan berkembang menambah pengetahuan.

- Klik " Subsrcibe by Email " untuk mengetahui pemberitahuan komentar lewat email anda.

Mohon maaf lahir bathin apabila Saya ada salah.