Memaknai Peristiwa Menguap


          Menguap adalah gerakan refleks memasukkan udara nafas penuh ke dalam paru-paru. Pemacunya adalah berkurangnya kadar oksigen darah yang masuk ke dalam otak. Biasanya menguap terjadi pada orang yang mengantuk atau kelelahan, penderita tekanan darah rendah, ini respon alami.

      Bersin berlawanan dengan menguap. Sebelumnya sudah Saya tulis tentang Terjadinya Bersin sebagai Ibadah, Kesehatan, dan Budaya. Bersin itu baik untuk mengeluarkan partikel benda asing dan mikroorganisme melalui hidung dan mulut, sedangkan menguap kurang baik karena menghirup udara bercampur kotoran melalui mulut, dalam ajaran Islam menguap adalah dari setan. Tetapi menguap itu perlu  juga hanya saja mulut harus ditutup, tujuannya supaya debu-debu kotor yang membawa kuman tidak ikut masuk.


Memaknai Peristiwa Menguap

      Dalam ilmu Brain Gym diajarkan supaya bisa sengaja menguap yang berenergi, maksudnya memasukkan oksigen sebanyak mungkin dan diikuti dengan pengeluarkan karbon dioksida sebanyak mungkin pula. Tapi ingat harus ditutup mulutnya.

        Yang biasa terjadi yaitu menguap diduga sebagai kebiasaan menular. Jika Anda melihat atau mendengar orang lain menguap, yang terjadi adalah Anda ikut-ikutan menguap. Benarkah itu ? Saya tidak tahu, mungkin cenderung ke arah empati saja, mencoba memahami sebuah hubungan dengan orang lain. Fenomena ini masih menjadi penelitian bagi para ilmuwan.

    Tim peneliti Universitas Binghamton menyimpulkan bahwa menguap ada hubungannya dengan suhu di otak kita. Artinya, menguap berfungsi untuk mendinginkan otak kita.

         Kita lihat halnya mesin komputer, bisa beroperasi dengan baik bila tetap dingin. Jika mesin komputer panas akan berhenti bekerja, itulah dibutuhkan komponen seperti kipas angin. Begitu juga kerja otak saat beraktifitas berpikir dan bergerak membuat suhu otak meningkat. 




/////////////////////////////////////


 Mohon disebarkan/share Artikel ini agar yang tidak tahu menjadi tahu, yang sudah tahu tambah mengerti. Terimakasih sudah berkunjung.
di lindungi oleh:DMCA.com │ Pemula dari Benao

Baca Juga Artikel Terkait berikut :


Baca Juga Artikel Pilihan Berikut :


Ingin tahu Pemberitahuan Artikel baru di kirim ke Email Anda seperti di atas. Masukkan Email Anda atau langsung klik Berlangganan, Data Email Anda dijamin aman :

Delivered by FeedBurner

atau Berlangganan Feed :

headline animator PEMULA dari BENAO

Chicklet PemulaDariBenao


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Komentar positif teman-teman sangat berarti agar bermanfaat dan berkembang menambah pengetahuan.

- Klik " Subsrcibe by Email " untuk mengetahui pemberitahuan komentar lewat email anda.

Mohon maaf lahir bathin apabila Saya ada salah.