Kebutuhan Dasar Manusia


Air sebagai sumber kehidupan.

          Tubuh terdiri dari 70% kandungan air. Sudah pasti sebagian tubuh didominasi oleh air. Setiap hari tubuh membutuhkan air cukup banyak. Paling tidak konsumsi air sedikitnya 3 liter/hari. Tubuh akan mengalami tanda-tanda apabila apabila kekurangan air seperti haus, lemah, air seni pekat, berkeringat dingin, gangguan konsetrasi, lebih bahaya lagi gangguan kesadaran atau pingsan. Karena tubuh menderita kekurangan volume cairan sehingga menggangu proses metabolisme yang optimal yang disebut hipovolumi.

Tidak perlu menunggu sampai tanda-tanda kekurangan cairan itu terjadi, langsung saja siapkan sejumlah takaran tertentu sesuai kebutuhan yang harus dikonsumsi dalam sehari semalam. Biasakan diri setiap memulai dan mengakhiri suatu kegiatan maupun ditengah kegiatan, dalam perjalanan, menyiapkan air putih untuk sewaktu-waktu di minum. Perlu juga membiasakan minum air saat bangun tidur karena waktu malam tubuh terlalu lama tidak di isi air. Demikianlah fungsi air yang sangat vital terhadap kehidupan, konsumsi air dengan jumlah cukup akan membuat selaput lendir, kulit, dan organ dalam tubuh menjadi terpelihara. Banyak konsumsi air juga untuk kesehatan otak yang sudah saya tulis sebelumnya silahkan baca klik menjaga kesehatan otak.


TIPS
Minumlah air setiap memulai suatu pekerjaan, disela-sela pekerjaan dan setelah selesai bekerja. Air itu energetis, memberi kekuatan.


Udara

          Udara yang bersih sudah pasti penting untuk kesehatan, untuk menjamin bahwa udara yang bersih, suatu daerah atau kota memiliki banyak taman dan desain arsitektur bangunan-bangunan kota secara ekologis dan kondisi iklimnya.

Makanan dan Minumam.

Prinsip yang perlu kita ketahui mengenai makanan, yaitu :

  • Apa yang baik untuk dimakan dan diminum, makanan dan minuman apa yang harus dihindari. Selain konsumsi makanan yang halal tetapi juga membawa manfaat yang baik bagi tubuh.
  • Jumlah yang harus dimakan dan diminum.
  • Waktu yang tepat untuk makan. Makanlah pada saat lapar dan berhentilah makan bila sudah kenyang jangan terlalu kenyang.

Kebutuhan Dasar Manusia

Istirahat dan gerak tubuh.
Kesehatan yang sempurna membutuhkan istirahat dan gerak tubuh dalam bentuk latihan-latihan fisik.

Tidur.
Kurang tidur menyebabkan hilangnya energi, lemahnya mental, dan menggangu metabolisme tubuh baik sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem muskuluskeletal, urogenital, sistem kerja otak.

Emosi.
Kegembiraan harus ditumbuhkan karena membantu menjaga kesehatan. Sedangkan duka cita atau penderitaan, marah dan tegangan emosi harus dihindari atau dikelola dengan baik karena keadaan emosional dapat menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh faktor-faktor psikologis dan harus ditangani secara psikologis juga. Seperti memperkenalkan fungsi dari terapi-terapi psikologis melalui musik, perkumpulan dengan sesama teman atau kelompok, melihat pemandangan indah, bunyi-bunyian, dan wangi-wangian.



/////////////////////////////////////
di lindungi oleh:DMCA.com │ Pemula dari Benao

Baca Juga Artikel Terkait berikut :


Baca Juga Artikel Pilihan Berikut :


Ingin tahu Pemberitahuan Artikel baru di kirim ke Email Anda seperti di atas. Masukkan Email Anda atau langsung klik Berlangganan, Data Email Anda dijamin aman :

Delivered by FeedBurner

atau Berlangganan Feed :

headline animator PEMULA dari BENAO

Chicklet PemulaDariBenao


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

- Komentar positif teman-teman sangat berarti agar bermanfaat dan berkembang menambah pengetahuan.

- Klik " Subsrcibe by Email " untuk mengetahui pemberitahuan komentar lewat email anda.

Mohon maaf lahir bathin apabila Saya ada salah.