Melatih Diri menjadi Pribadi yang Optimis

Bisakah kita melatih diri menjadi lebih optimis ? Jawabannya harus bisa terus berusaha & buat latihan ini wajib di lakukan. Kenapa ! Karena optimis menjadikan seseorang bahagia, merasa sehat & sukses dalam hal ini selalu membawa pola pikirnya kearah yang positif. Memang terkadang kita bisa terbawa suasana optimis terkadang psimis, malah ada orang sikap psimisnya lebih dominan di bandingkan sikap optimisnya. Bisa jadi karena faktor lingkungan yang membentuk sikap psimis itu tadi, maka bergaul lah pada lingkangan yang baik & harus bisa terus berusaha. Sudah terbukti banyak tokoh - tokoh yang sukses dari awalnya sering mendapat kegagalan tetapi karena yakin & berusaha akhirnya sukses.

Penelitian oleh American Medical Association mengungkapkan optimis tidak hanya membuat anda merasa lebih baik, juga membuat anda terlihat lebih baik. Optimis berasal dari rangkaian proses aktif otak bagian kiri sehingga anda dapat melatih diri menjadi optimis.

Berikut ini beberapa yang bisa di praktekkan di kehidupan sehari - hari untuk melatih diri menjadi pribadi yang optimis :
1. Tingkatkan keyakinan dengan mendekatkan diri kepada Allah ( Tuhan YME ).
Ini suatu kewajiban bagi umat beragama, terus berdoa berserah diri, mensyukuri kelebihan & kekurangan nikmat yang di berikan untuk melatih agar hati & pikiran tenang. 
" Allah sudah mengatur segala sesuatu dengan sebaik - baiknya, tinggal bagaimana kita menjalaninya. Kita mau bahagia maka bersikaplah yang baik & bergaul di lingkungan yang baik sebaliknya kita merasa susah bisa jadi salah satu penyebabnya karena sikap kita kurang baik & bergaul pada lingkungan tidak baik juga ".
 2. Motivasi diri sendiri.

Melatih Diri menjadi Pribadi yang Optimis

" Saat kita berhadapan pada suatu tantangan, maka katakanlah pada diri kita bahwa kita bisa, kita pasti berhasil, karena kita selalu berdoa meminta kepada Allah agar selalu di mudahkan segala urusan. Selalu katakan bantuan Allah akan segara datang cepat atau lambat ".
Kira - kira seperti itulah contoh motivasi diri sendiri dengan selalu berpikir positif & yakinkan diri sepenuhnya. Agar perkataan kita menjadi doa sebaliknya bila perkataan kita buruk berarti kita mendoakan diri sendiri tidak baik, seperti itu logikanya.

3. Bayangkan manfaat yang di dapat menjadi diri yang optimis.
Misalnya : bayangkan setelah kita berhasil melawan & menyelesaikan tantangan, kita tinggal menikmati hasil dari kesuksesan itu. Bayangkan tingkat kesabaran kita lebih tinggi setelah bersusah payah melatih diri, melawan, menyelesaikan tantangan. 
" Dengan membayangkan hal - hal yang positif diharapkan membangkitkan gairah semangat, kita jadi termotivasi, muncul ide kreatif, tidak mudah menyerah, sehingga memudahkan dalam menyelesaikan tantangan ". 
4. Jadikan masalah sebagai tantangan bukan menjadi beban.
Masalah di anggap beban membuat kita berpikiran mendapat masalah besar. Apabila pola pikir seperti itu, kita bisa kan merubah pola pikirnya seperti hadapi masalah sebagai tantangan, kita rubahlah pola pikirnya bahwa masalah itu sebagai pelajaran diri kita, kita rubahlah pola pikirnya bahwa masalah itu sebagai guru yang memberikan pengalaman berharga.

Kalau seperti itu kita dapat mengetahui mana yang baik atau buruk, mana yang harus di lakukan atau tidak di lakukan.

5. Bebaskan diri kita dari perasaan takut gagal.
Perasaan takul gagal akan mencegah kita untuk mengarungi pengalaman yg sangat banyak, menarik, dan berguna bagi kita. Jangan khawatir dengan pandangan orang lain mengenai kita, juga cacian orang lain kepada kita karena itu adalah sebagai nilai raport untuk kita kembangkan menjadi diri yang lebih baik. Jadikanlah kegagalan ini sebagai pintu menuju kesuksesan karena kegagalan memang benar - benar pintu gerbang kesuksesan. 
" Semua orang besar pernah mengalami kegagalan, paling tidak satu kali dalam hidup mereka, karena bila tidak pernah gagal, mereka tidak akan bersungguh - sungguh untuk mendapatkan kesuksesan dalam hidup. Sebagaimana adanya kegagalan dalam hal tertentu, hal itu akan menjadikan kita mengenali titik - titik kelemahan dan kekuatan pada pribadi kita sehingga dapat mengembangkan titik kekuatan dan menghilangkan titik kelemahan kita ". 
Dan banyak lagi beberapa yang bisa di praktekkan di kehidupan sehari - hari untuk melatih diri menjadi pribadi yang optimis seperti menjaga kesehatan sebagai kebutuhan utama. Sementara cuma ini yang bisa saya bagikan silahkan teman - teman menambahkan.
Sumber :
  • pengusahamuslim.com/melatih-diri-anda-1792
  • yudhim.blogspot.com/2008/01/menemukan-optimisme-dalam-diri.html
  • dari berbagai sumber
  • sebagian dari pemikiran Saya sendiri   
////////////////////////////////////////////////
Mohon disebarkan/share Artikel ini agar yang tidak tahu menjadi tahu, yang tahu menjadi tambah mengerti. Jangan lupa mencantumkan link sumbernya ya ... Terimakasih sudah berkunjung.
di lindungi oleh:DMCA.com │ Pemula dari Benao

Baca Juga Artikel Terkait berikut :


Baca Juga Artikel Pilihan Berikut :


Ingin tahu Pemberitahuan Artikel baru di kirim ke Email Anda seperti di atas. Masukkan Email Anda atau langsung klik Berlangganan, Data Email Anda dijamin aman :

Delivered by FeedBurner

atau Berlangganan Feed :

headline animator PEMULA dari BENAO

Chicklet PemulaDariBenao


1 komentar:

  1. sebuah tulisan yang sangat menginspirasi kawan, cara anda menyajikannya juga ringan tapi padat, terimakasih kawan. kalaua ada waktu silahkan kunjungi blog saya Catatan Kecil si Golee

    BalasHapus

- Komentar positif teman-teman sangat berarti agar bermanfaat dan berkembang menambah pengetahuan.

- Klik " Subsrcibe by Email " untuk mengetahui pemberitahuan komentar lewat email anda.

Mohon maaf lahir bathin apabila Saya ada salah.